RSS

Selasa, 25 Maret 2014

Perkembangan iPhone Dari Masa ke Masa

Perkembangan iPhone Dari Masa ke Masa

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak lah terobosan baru di bidang telekomunikasi. Terobosan baru tersebut digunakan untuk menopang kebutuhan manusia di bidang komunikasi yang semakin meningkat. Salah satu hasil dari terobosan tersebut adalah telepon genggam fenomenal yang sangat diminati oleh banyak pihak dari segala penjuru dunia, iPhone namanya.

Sejarah iPhone
            iPhone adalah telepon genggam pintar berlayar sentuh yang diproduksi oleh sebuah perusahaan ternama asal Amerika bernama Apple Inc. Untuk mengoperasikan iPhone, Apple Inc. menggunakan iOS mobile operating system. iOS sendiri merupakan singkatan dari ‘iPhone Operating System’. Apple Inc. pertama kali merilis iPhone pada tahun 2007. iPhone  generasi ke 6 yaitu iPhone5 baru saja diipublikasikan pada 12 September 2012. iPhone memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai kamera, video kamera, pemutar multimedia, pengirim pesan singkat, menjelajah internet dan fasilitas voicemail.

            Dengan menghubungkan iPhone ke jaringan internet, iPhone dapat melakukan berbagai aktivitas yang pada umumnya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat computer yang tersambung ke internet, misalnya mengirim atau menerima email, menjelajah web, memainkan permainan online, mengupdate situs jejaring, dan lain-lain. Ada dua cara untuk menghubungkan iPhone dengan internet. Bisa menggunakan fasilitas wi-fi ataupun menggunakan data seluler yang terbagi menjadi 2G, 3G, dan 4G (hanya ada pada perangkat iPhone5)

            Untuk membantu mempermudah kebutuhan hidup pengguna sekaligus meningkatkan kinerja iPhone, pengguna dapat mengunduh aplikasi yang dibutuhkan dari jutaan aplikasi yang disediakan oleh AppStore. AppStore dirilis untuk yang pertama kalinya pada pertengahan tahun 2008. Untuk mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut pengguna harus terlebih dahulu memiliki ID di AppStore yang dikenal dengan nama AppleID. Setelah memiliki AppleID, pengguna bisa mengunduh jutaan aplikasi sesuai kebutuhan.


Jenis-Jenis iPhone :

1. iPhone
           

            iPhone generasi pertama atau yang dikenal juga dengan nama iPhone1 atau iPhone2G pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 (untuk perangkat 4 dan 8 GB) dan 5 Februari 2008 (perangkat 16 GB). iPhone generasi pertama ini terbagi menjadi tiga model yaitu 4 , 8, dan 16 GB. Sejak hari pertamanya dirilis, iPhone dapat dibeli dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB tetapi dengan syarat harus kontrak dengan perusahaan AT&T selama 2 tahun. Produk ini berhasil terjual sebanyak 6.1 juta unit. Berikut adalah spesifikasi dari iPhone generasi pertama. Dengan akan dibuatnya iPhone generasi kedua maka pembuatan iPhone generasi pertama diberhentikan pada 5 September 2007 (untuk perangkat model 4GB), 11 Juli 2008 (untuk perangkat model 8 dan 16 GB)


2. iPhone 3G


 Sukses dengan iPhone generasi pertama Apple   mengeluarkan iPhone generasi kedua yang diberi nama iPhone 3G. Pertama kali dirilis pada tanggal 11 Juli 2008. Di generasi kedua ini iPhone mengalami sedikit perubahan bentuk. Terbagi menjadi dua jenis, 8 dan 16 GB. Dalam minggu pertamanya memasuki pasar penjualan, Apple Inc. berhasil menjual lebih dari 1 juta unit. Dengan akan dibuatnya iPhone generasi ketiga maka pembuatan iPhone generasi kedua diberhentikan pada 8 Juni 2009 untuk perangkat model 16GB, 7 Juni 2009 untuk perangkat model 8 GB.


3. iPhone 3GS

            Setelah memasukan beberapa fitur tambahan dengan iPhone generasi kedua, dikeluarkan iPhone generasi ketiga yang diberi nama iPhone 3GS. Salah satu fitur tambahan yang paling menggemparkan adalah kemampuan untuk merekam video pada perangkat 3GS ini. Pertama kali dirilis pada tanggal 19 Juni 2009 untuk perangkat model 16 & 32 GB dan 24 Juni 2010 untuk perangkat model 8 GB. Terbagi menjadi tiga jenis, 8, 16 dan 32 GB. Sama dengan iPhone 3G,  iPhone 3GS berhasil terjual sebanyak lebih dari 1 juta unit dalam minggu pertamanya memasuki pasar penjualan. Dengan akan dibuatnya iPhone generasi keempat maka pembuatan iPhone generasi ketiga diberhentikan pada 24 Juni 2010 (16 dan 32 GB), in production (8 GB)


4. iPhone 4

            Tidak hanya memasukan beberapa fitur tambahan seperti yang dilakukan kepada iPhone generasi kedua dengan iPhone generasi ketiga, di generasi keempat Apple Inc. juga mengubah bentuk dari telepon genggam fenomenal ini. Perbedaan yang paling menonjol adalah perubahan kamera dari 3.2 MP menjadi 5.0 MP. Dirilis untuk yang pertama kalinya pada tanggal 24 Juni 2010 untuk perangkat model GSM berwarna hitam, 10 Februari 2011 untuk perangkat model CDMA berwarna hitam, dan 28 April 2011 untuk perangkat model GSM & CDMA berwarna putih. Terbagi menjadi tiga jenis, 8, 16 dan 32 GB dalam dua warna yaitu hitam dan putih. Dalam selang waktu 24 jam dari pemberitahuan akan dirilisnya iPhone 4, Apple Inc. mendapat 600.000 pre-order. Angka tersebut menjadi jumlah pre-order terbanyak yang didapatkan Apple Inc. sepanjang masa berjayanya


5. iPhone 4S


         Lagi-lagi Apple menggemparkan dunia dengan pengumuman akan dirilisnya iPhone generasi kelima atau dikenal dengan iPhone 4S. masih menggunakan bentuk yang sama dengan iPhone 4 tetapi ditambahkan fitur pintar bernama Siri. Selain Siri, iPhone 4S juga memiliki kemampuan untuk mengambil foto panorama. Kamera iPhone 4S  juga berubah menjadi 8.0 MP dan kemampuan merekam video 1080 HD. Pertama kali dirilis pada tanggal 14 Oktober 2011 (United States, Canada, Prancis, Jerman, Jepang, Australia, dan United Kingdom), 28 Oktober 2011 (Austria, Itali, Meksiko, Singapura, Spanyol, Finlandia, dan lain-lain), 11 November 2011 (Vietnam, Korea Selatan, New Zealand, Panama, Portugal, dan lain-lain), 25 November 2011 (India, Colombia, dan Moldova), 16 Desember 2011 (Brazil, Chile, Filipina, Russia, Saudi Arabia, Thailand, Taiwan, dan lain-lain), 13 Januari 2012 (Indonesia, Cameroon, Dominica, Grenada, China, Ecuador, dan lain-lain). Dalam 3 hari setelah memasuki pasar penjualan golongan pertama (14-17 Oktober 2011), iPhone 4s berhasil terjual sebanyak 4 juta unit. Dikelompokan menjadi 3 model, 16, 32, dan 64 GB dalam 2 warna, hitam dan putih.



6.      iPhone 5

iPhone 5 adalah iPhone- tercepat, paling tipis dan paling ringan, produk iPhone Apple terbaru dan sudah mulai diluncurkan iPhone 5 pada Jumat (21/9), di beberapa negara tertentu, yang kemudian pada akhir pekan ini akan segera tersedia di 22 negara, dan 100 negara pada akhir tahun.
iPhone 5 yang telah ditunggu sejak tahun 2010 telah menambahkan segala sesuatu yang kita inginkan dalam iPhone 4S: seperti sistem operasi baru iOS 6, retina display dan jaringan 4G LTE, layar lebih besar, free turn-by-turn navigation, prosesor A6 quad-core yang lebih cepat, desain body yang lebih tajam, ramping , fitur baru, bahkan SIM card-nya pun tidak lagi menggunakan micro SIM melainkan Nano SIM. Semua itu diciptakan agar fanboy ( julukan penggemar iPhone ) tidak kecewa dengan kehadiran iPhone 5.
Desain New iPhone ini benar-benar didesain ulang baru misalnya flat-out yang indah, nyaman untuk dilihat dan dipegang, headphone earpod berada dalam satu tempat. Konektor lebih kecil dengan jumlah pin lebih sedikit tapi menawarkan performa yang baik saat digunakan mentransfer file. Ini benar berbeda dengan iPhone pendahulunya iPhone 4S. iPhone 5 juga memberikan sejumlah perubahan misalnya Smart SIRI, dan passbook, dompet digital yang bisa menyimpan gift card, pass boarding, dan tiket.


Sumber         :





0 komentar:

Posting Komentar