RSS

Jumat, 29 Juni 2012

Pengalaman Tentang Penderitaan


PENGALAMAN TENTANG PENDERITAAN
Pengalaman saya tentang manusia dan penderitaan adalah banyaknya kasus dalam kehidupan sehari-hari sungguh memperihatinkan, karena adanya jurang perbedaan antara kaya dengan miskin sangat lebar. Ini yang bisa mengancam integrasi sosial antara masyarakat, bahkan menimbulkan disintegrasi bangsa bila tidak segera diatasi, contohnya :
          Kasus yang tergolong ”kecil” dan dialami orang awam, anak-anak, remaja, atau orang miskin/lemah seperti ini memberi pelajaran berharga bagi publik bahwa hukum dan pengadilan negara itu amat esoterik, hanya dapat dipahami oleh profesional di bidang hukum.
          Logika awam tak mencukupi untuk memahami bahasa, istilah, konsep, dan berbagai doktrin hukum positif yang berlaku di dunia pengadilan.agar penderitaan ini tidak terus terjadi maka Keadilan sosial harus diperjuangkan  untuk dua hal:
·        Pertama, melakukan koreksi  dan perbaikan terhadap kondisi ketimpangan yang dialami kaum lemah dengan menghadirkan institusi-institusi sosial, ekonomi, dan politik yang memberdayakan.
·        Kedua, setiap aturan harus memosisikan diri sebagai pemandu untuk mengembangkan kebijakan-kebijakan untuk mengoreksi ketidak-adilan yang dialami kaum lemah

0 komentar:

Posting Komentar